kelapa

Siapa yang tidak tahu dengan pohon kelapa? Kelapa atau Cocos Nucifera adalah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan atau arecaceae. Hampir semua bagian pohon kelapa berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya air yang terkandung di dalam buah kelapa tersebut. Air kelapa muda dengan rasanya yang manis dan segar tentunya pas dinimun di saat haus apalagi cuaca panas. Di balik kesegarannya, air kelapa juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita. Dikutip dari (Nell Syukur) rubik.okezone.com berikut ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan:

  1. Mengatasi dehidrasi

Beberapa penelitian menunjukan kandungan elektrolit dan nutrisi yang terdapat pada air kelapa hampir sama dengan cairan tubuh, sehingga air kelapa sangat baik untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin dan folat. Air kelapa bersifat antioksidan sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melawan bakteri, virus atau radikal bebas lainnya. Air kelapa juga mampu mengatasi efek racun dari penggunaan antibiotik dan obat sulfa. Di dalam air kelapa juga mengandung asam laurat, sejenis asam yang berfungsi sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus.

  1. Memperlancar pencernaan dan diuretik

Air kelapa mengandung enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim-enzim ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa juga berfungsi sebagai diuretik alami, atau memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa juga dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang sangat berperan dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

  1. Membantu program diet

Air kelapa rendah lemak dan kalori, sehingga aman diminum dalam jumlah cukup banyak. Mereka yang sedang menjalani program diet dapat memasukkan air kelapa sebagai asupan sehari-hari khususnya sebelum makan karena air kelapa mudah diserap tubuh dan memicu rasa kenyang.

  1. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Air kelapa mampu mengatasi jerawat, flek hitam, dan dapat mengembalikan wajah kusam menjadi cerah kembali. Caranya hanya perlu mengusapkan air kelapa pada kulit secara kontinyu setiap hari.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mereka dengan riwayat tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Mengkonsumsi air kelapa secara teratur cukup efektif dalam mengatur tekanan darah karena kalium yang terkandung di dalamnya. Air kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang berfungsi untuk membantu mencegah penyakit jantung.

  1. Baik untuk wanita hamil

Wanita hamil membutuhkan air lebih banyak dari orang normal. Kondisi dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit kepala, kram, bahkan dapat mengurangi kontraksi yang dapat memicu persalinan prematur. Air kelapa dengan kandungan isotonik alami yang kaya mineral dan elektrolitnya tentunya mampu mengatasi kondisi dehidrasi tersebut. Air kelapa muda juga dapat menjaga kebersihan air ketuban sehingga membantu dalam menjaga kehamilan. Walau demikian, dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa muda saat usia kehamilan berumur 6 bulan dan mengkonsumsi air kelapa muda dalam jumlah yang masih dimoderasi, tidak berlebihan. Segera konsumsi air kelapa muda sesaat setelah kelapa dibelah, jangan konsumsi air kelapa muda jika aroma dan rasanya sudah berubah keasaman. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu (sebelum mengkonsumsi makan/minum/obat apapun) karena wanita hamil membutuhkan perhatian khusus, berbeda dengan yang tidak sedang hamil.

Itulah 7 manfaat luar biasa air kelapa bagi kesehatan, semoga informasi yang telah kami rangkum dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi Sobat untuk memilih makanan atau minuman yang menyehatkan.